PRESS RELEASE
HUMAS DAN PROTOKOL KOTA DEPOK, 21 Februari 2011

Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahiim, H. Nur Mamudi Isma’il membuka acara Simposium Internasional ”Chaos Revolution in Science, Technology and Society (ICR2011)”  Tahun 2011 di Wisma Makara Universitas Indonesia, Senin (21/2) pagi. Acara yang berlangsung selama 2 hari dihadiri oleh DR. Rudi Lumanto Staff Khusus Menteri Bidang Sistem Informasi Teknologi, Ir. Totok Suprato Lapan, Edwar Technology, Waseda University Japan, Director of ARIB, dan para mahasiswa.  Mengawali sambutannya, Walikota mengatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi hadir dan memberikan banyak kemudahan dalam proses evakuasi terbesar dalam sejarah Republik ini.
”Dengan perangkat telepon satelit yang kecil dan mudah dibawa, proses evakuasi korban, pemberian bantuan, dan pemantauan keadaan korban bencana menjadi mudah dilakukan. Tidak terbayangkan apa yang terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara, Pantai Selatan Pulau Jawa, dan Yogyakarta pasca bencana Tsunami dan gempa tanpa bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Puluhan ribu bahkan ratusan ribu yang gugur pasca rangkaian bencana tersebut, memberikan pesan kepada kita yang masih hidup agar memanfaatkan teknologi informasi untuk menjaga informasi berharga di sekitar kita, untuk bekal kehidupan bangsa ini di masa depan” ungkap Walikota.
Walikota menuturkan era informasi dan komunikasi masih memberikan peluang dan ruang lingkup yang sangat besar bagi siapapun untuk dapat mengorganisasikan segala kegiatan melalui cara baru, inovatif, instan, transparan, akurat, tepat waktu, lebih baik dan lebih nyaman. ”Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini Pemkot telah menajalankan berbagai layanan berbasis teknologi informasi untuk membantu proses Pemerintahan, seperti e-KTP, LPSE, dan PSB online. Hal tersebut dilaksanakan untuk menuju Pemerintahan yang lebih baik. Selain itu, Pemkot juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang layanan informasi pembangunan berbasis teknologi informasi serta mendorong pengembangannya untuk mewujudkan masyarakat infomasi ” ungkap Walikota.

Diakhir sambutannya, Walikota berharap dengan simposium ini akan menciptakan percepatan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang terus berkembang. ”Selamat bersimposium, semoga menghasilkan pemikiran-pemikiran yang tepat dan melahirkan inovasi yang dapat memajukan Indonesia dalam bidang teknologi dan informasi” tutup Walikota.

KEPALA BAGIAN
HUMAS DAN PROTOKOL
SETDA KOTA DEPOK

HANI HAMIDAH, S.Sos. M.Si
PEMBINA
NIP. 19630627 198409 2 001