PRESS RELEASE
HUMAS DAN PROTOKOL KOTA DEPOK, 17 Agustus  2010

Dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Ke-65 Republik Indonesia Tahun 2010, Selasa pagi (17/8) Pemerintah Kota Depok menggelar upacara di lapangan Balaikota Pemerintah Kota Depok dengan pembina upacara H. Nur Mahmudi Isma’il. Upacara yang merupakan ungkapan penghargaan terhadap jasa para pahlawan kemerdekaan dihadiri oleh H. Yuyun Wirasaputra Wakil Walikota Depok, Ketua, Wakil Ketua, dan seluruh anggota DPRD Kota Depok, Unsur Muspida, Sekretaris Daerah dan para Kepala OPD Se-Kota Depok beserta jajarannya, para Pejuang dan keluarga Pejuang Kemerdekaan, para Pejabat Sipil, TNI dan POLRI, para siswa, undangan dan peserta upacara serta segenap Masyarakat Kota Depok.

“Hari ini Indonesia genap berusia 65 tahun, usia yang relatif cukup untuk mengokohkan jati diri sebagai sebuah bangsa, karena telah mengalami 3 (tiga) peralihan generasi yaitu Orde Lama, Orde Baru, dan Orde Reformasi dan kini kita telah memasuki abad ke-21 dalam kondisi negara yang Insya Allah lebih kokoh dan mulai diperhitungkan oleh bangsa lain di dunia. Beragam keberhasilan telah kita raih, akan tetapi kita pun tidak bisa menutup mata bahwa masih banyak juga permasalahan bangsa yang belum terselesaikan, karena pada dasarnya pembangunan itu merupakan sebuah proses yang harus dilakukan secara bertahap” ujar Walikota.

Walikota mengatakan dalam era mengisi kemerdekaan, sejalan dengan semangat desentralisasi yang berkembang dari pusat hingga ke daerah, kemajuan secara nasional dipengaruhi oleh kontribusi pembangunan daerah termasuk kontribusi yang berada di Kota Depok. “Sebagai warga Depok kita patut bersyukur bahwa pada tahun ke-5 pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok 2006 – 2011, disamping permasalahan yang dihadapi Alhamduliilah kita meraih beragam kemajuan utamanya dalam mewujudkan hakikat pemerintahan yang tertuang dalam dua pilar pembangunan kota yaitu pilar melayani dan pilar mensejahterakan” ujar Walikota. Walikota  menjelaskan PILAR MELAYANI dengan indikator utama Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), pada Tahun 2009 telah mencapai 77,14% yang berarti bahwa pelayanan pemerintahan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan, PILAR MENSEJAHTERAKAN dengan indikator utama Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2009 mencapai 78,68 yang menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat Depok relatif baik.

“Nilai kita masih menempati urutan teratas di Jawa Barat dan ke-3 Nasional. Pilar Mensejahterakan didukung oleh laju pertumbuhan ekonomi Kota Depok yang saat ini mencapai 6,42% diatas rata-rata Jawa Barat, dengan kemampuan APBD pada tahun 2010 mencapai Rp. 1,053 trilyun yang dialokasikan untuk kegiatan pemerintahan dan pembangunan. Capaian  kemajuan dari dua pilar pembangunan kota dimaksud menunjukkan dinamika pembangunan Kota Depok terus bergerak ke arah yang lebih baik dan sekaligus dapat memposisikan Kota Depok sejajar dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia bahkan secara bertahap berada di atas daerah lainnya yang sudah lebih dulu lahir sebagai daerah otonom” papar Walikota.

Diakhir sambutannya, Walikota mengajak seluruh elemen di Kota Depok untuk menggelorakan semangat desentralisasi dan demokratisasi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya mengisi kemerdekaan dengan dibentengi oleh nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang telah diwariskan oleh para pejuang pendahulu. “Satu hati, satu visi, dan satu tujuan menuju depok yang makin sejahtera, makin demokratis dan makin berkeadilan. Dirgahayu Kemerdekaan ke- 65 Republik indonesia, Sekali Merdeka Tetap Merdeka!!” tutup Walikota.

Diakhir upacara, Walikota dan Wakil Walikota beserta Ketua DPRD Kota Depok memberikan beberapa penghargaan untuk Kepala Sekolah terbaik dan Guru berprestasi Tingkat Propinsi Jawa Barat, Juara Harapan I Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan se-Jawa Barat, Juara I lomba taman PKK dan lomba RW Hijau tingkat Kota Depok, Juara I lomba jurnalistik, tilawah Al-Qur’an dengan tartil, dan lomba ekspose ketua tim penggerak PKK tingkat Kota Depok.

KEPALA BAGIAN
HUMAS DAN PROTOKOL
SETDA KOTA DEPOK

HANI HAMIDAH, S.Sos. M.Si
PEMBINA
NIP. 19630627 198409 2 001