Acara peringatan HUT Pramuka ke-50 diselenggarakan pada Selasa sore(16/8) di lapangan Balaikota Depok. Wakil Walikota Depok selaku Wakil Ketua Majelis Pimpinan Pramuka Kota Depok hadir untuk memimpin hari jadi pramuka itu. Turut hadir sore itu Ketua DPRD, Muspida, Ketua Cabang ,dan Dandim Perwakilan dari Kapolres.

Gerakan Pramuka mempunyai kegiatan-kegiatan untuk mengisi waktu luang remaja secara positif agar terhindar dari narkoba.  Wakil walikota memberikan 48 penghargaan yang terdiri dari ; penghargaan lencana melati sebanyak 1  buah , penghargaan dharma bhakti sebanyak 2 buah dan Pancawarsa 1-6 sebanyak 45 buah ,dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hymne Pramuka oleh seluruh hadirin. KH.Idris Abdul Somad membacakan pidato yang diturunkan oleh  KWARNAS (Kwartir Ranting Nasional) yaitu Bapak Azrul Azwar ,Mph. Beliau menyampaikan ucapan selamat atas hari ulang tahun emas Pramuka yang jatuh tepatnya tanggal 14 Agustus . “Pramuka merupakan penyelamat generasi muda , hari peringatan ini diharapkan dapat memacu kita untuk lebih memajukan gerakan Pramuka. Revitalisasi telah berjalan selama 50 tahun, eksistensi dan fungsi Pramuka telah memperoleh hasil yang menggembirakan. Harus diakui tantangan pada saat ini semakin berat, kita dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah – masalah anak muda, seperti; putus sekolah, rendah nya rasa hormat kepada sesama dan orang yang lebih tua, perilaku tidak sehat, gaya hidup hedonisme, narkoba , seks bebas , bahkan tingginya angka aborsi dikalangan remaja. Pentingnya peranan Pramuka adalah untuk membentuk karakter anak muda . Sejarah Pramuka telah mampu berbuat banyak, termasuk membangkitkan kebangsaan, pada awal masa kemerdekaan, ”ujar Idris .

“Untuk mewujudkan visi dan misi , Saya berharap agar Kakak dan Adik – adik mau menggerakan panji-panji Pramuka. Pramuka mempunyai peran  sebagai gerakan yang menghimpun berbagai kalangan dan berbagai budaya . Anak-anak muda harus mempunyai semangat , tubuh yang kuat, disiplin , inovatif ,mampu bekerja keras untuk dapat menghadapi arus globalisasi yang dirasakan banyak dampak negative nya terhadap bangsa kita, “ pungkas Beliau.

Mengakhiri Pidato Orang nomor dua di Depok itu mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemerintah , masyarakat, orang tua, guru, yang telah membantu dan mendukung gerakan Pramuka, semoga Pramuka dapat menjadi Garda terdepan dalam mewujudkan pembangunan Kota Depok,  “tutup Beliau.

KEPALA BAGIAN
HUMAS DAN PROTOKOL
SETDA KOTA DEPOK

HANI HAMIDAH, S.Sos. M.Si
PEMBINA
NIP. 19630627 198409 2 001